Tips Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur



Tidur merupakan anugerah dari Allah untuk umat manusia yang salah satunya agar manusia dapat beristirahat sehingga tubuh kembali bugar kembali dan menunjukkan bahwa betapa lemahnya manusia yang harus setiap harus membutuhkan tidur. Setelah tidur biasanya tubuh akan terasa segar dan bugar kembali untuk mengawali hari esok. Namun apa daya bila salah posisi tidur?
Kelihatannya sepele, Leher Bahu dan Punggung Sakit Akibat Salah Posisi Tidur, namun saya pernah mengalami beberapa dari anggota tubuh saya sakit dikarenakan salah posisi tidur, yang pertama dan paling sering adalah leher, yang kedua adalah punggung, dan yang ketiga adalah bahu. Namun terkadang dikarena cuaca atau salah posisi tidur saya, gigi saya ketika bangun terasa seperti goyah akibat benturan antar gigi yang tidak saya sadari.

 Beberapa hal yang harus kita lakukan :
1. Jemur Bantal Anda
Agar tak terjadi cedera yang sama, jemur bantal Anda agar lebih nyaman saat digunakan untuk tidur. Sementara bila Anda ingin menoleh, lakukan gerakan perlahan dan jangan menggeliat atau menarik otot punggung dan leher terlalu kencang.
Coba tips di atas untuk mengurangi sakit leher yang Anda alami. Jangan lupa gunakan bantal dengan tinggi secukupnya agar tengkuk Anda tak mengalami cedera.

2. Coba lakukan peregangan ringan.
Coba duduk tegak dengan kepala lurus. Perlahan-lahan, tarik kepala ke bawah selama 8 hitungan. Kemudian kembalikan ke posisi tegak, tarik ke belakang 8 hitungan. Lakukan hal yang sama ke arah kiri dan kanan.

3. Kompres Leher
Kompres leher Anda dengan menggunakan dua jenis kompresan, kantong kompres hangat dan dingin. Kemudian kompres leher Anda dengan kantong dingin lebih dahulu, kemudian hangat. Cara bergantian seperti ini bisa membuat otot yang kaku dan tegang sehat kembali.

4. Massage Lembut
Setelah terasa lebih ringan, lakukan pijatan lembut. Jangan terlalu keras karena di leher banyak syaraf dan pembuluh darah penting. Bila memang perlu, gunakan balsam atau minyak pijat, namun dalam jumlah yang sedikit dulu. Penggunaan obat semacam ini kadang juga bisa membuat otot makin kaku.

0 Response to "Tips Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur"

Posting Komentar

Temukan kami difacebook