DO'A AMALAN MENCARI REZKI



Bismi-llāhi r-ramāni r-raīm
( Dengan nama Allah yang Maha Pengasih  lagi Maha Penyayang ).

Bagi setiap orang islam yang Mu'min, ketika akan memulai pekerjaannya diawali dengan membaca Bismillah. Karema Bismillah diletakan pada permulaan Al- Qur’an, dan Bismillah itu mengandung sekalian rahasia yang halus-halus. Diriwayatkan bahwa sekalian rahasia ilmu ada pada Bismillah.
Perlu diketahui bahwa menempatkan Bismillah pada permulaan Qur’an atau pada awal Al-Fatihah bukan karena kehendak saidina utsman, dan bukan pula kehendak Saidina Abu Bakar. Tetapi AL- Qur’an disusun dan dihimpunkan menjadi Mashhaf, adalah atas petunjuk dan perintah Nabi Muhammad saw.ketika  masih hidup.
Karena pada masa Nabi menerima wahyu/ayat-ayat suci dari Malaikat Jibril, Nabilah yang menyusun,meletakkan serta menggabungkan ayat yang satu dengan yang lainnya. Sehingga sempurna Al-Qur’an tiga puluh Juz,sebagaimana yang kita baca sekarang ini.
Syekh Muhd. Abdul berkata didalam Tafsirnya :
Al-Qur’an itu Iman dan ikutan kita,karena itu Al-Qur’an dimulai dengan kalimat ini, yaitu dengan Bismillah. Itu satu petunjuk bagi kita agar sekalian perbuatan kita dimulai dengan membaca Bismillah.
               Bilangan Bismillah ada 19 huruf. Bilangan penjaga Neraka 19 orang pula. Dari keterangan Ibnu Mas’ud, Orang yang bermaksud hendak lepas dari api Neraka hendaklah dia memperbanyak membaca Bismillah dalam setiap gerak dan usahanya.
Ma’arifil Kubra berkata : “ Ketika diturunkan ayat Bismillah , ahli langit, yaitu Malaikat merasa gembira dan suka, dan Arasy bergerak serta turun pula Malaikat yang banyak bersama Bismillah itu.” Dan adalah Bismillah itu dituliskan pada sayap Malaikat Jibril ketika Jibril turun menemui Nabi Ibrahim yang sedang dalam api bergejolak. Pada cincin Nabi Sulaeman dituliskan Bismillah. Juga pada tongkat Nabi Musa dituliskan Bismillah.
Bismillah terdiri dari 4(empat) suku kata, sesuai dengan dosa yang dibuat manusia yang terdiri dari empat macam,yaitu :
1.  Dosa yang diperbuat pada waktu malam hari.
2.  Dosa yang diperbuat pada waktu siang hari
3.  Dosa yang diperbuat pada waktu sendiri
4.  Dosa yang diperbuat di muka orang banyak.
Orang-orang yang menyebut Bismillah dengan hati ikhlas serta memperhatikan makna yang terkandung didalamnya,mudah-mudahan Allah mengampuni semua dosanya.
                Kelebihan membaca Bismillah itu sangat banyak, Seperti termaktub dalam kitab Tuhfatul  Ikhwan, dan dianjurkan agar pembaca mebaca kitab tersebut. Marilah kita membiasakan diri membaca Bismilah dalam setiap memulai pekerjaan, sebagai yang telah disabdakan oelh Nabi Muhammad SAW :
( Setiap pekerjaan yang baik tidak dimulai dengan Bismillah, Maka pekerjaan itu akan potong atau terputus).

0 Response to "DO'A AMALAN MENCARI REZKI"

Posting Komentar

Temukan kami difacebook