Pengertian Walisongo Dan Penjelsannya



Walisongo artinya Sembilan Wali, Nama suatu dewan dakwah. Sebenarnya Jumlahnya bukan hanya sembilan . Jika ada anggota Walisongo meninggal dunia atau kembali ke Negeri seberang maka akan diganti anggota baru. Songo atau sembilan adalah angka keramat, angka yang dianggap paling tinggi, dewan dakwah tersebut sengaja dinamakan Walisongo untuk menarik sempati rakyat yang pada waktu itu masih belum mengerti apa sebenarnya agama islam itu? .
Meski Kisah Walisongo sebenarnya penuh kontroversi, Tetapi kisah itu sendiri cukup menarik dan memikat hati. Bahkan banyak sekali hikmah yang dapat kita petik untuk berjuang menegakkan islam didaerah kita masing-masing, strategi mereka dalam menjaring masyarakat  Jawa,Sunda dan Madura untuk memeluk agama islam benar-benar patut diacungkan jempol. Mereka bisa diterima di berbagai kalangan masyarakat, dari kelas bawah hingga kelas atas yaitu para bangsawan dan raja-raja.
Seacara umum,yang dianggap Sunan atau Walisongo di Tanah Jawa adalah
 sebagai berikut :
1. Syekh Maulana Ibrahim
                2. Syekh Rahmat atau Sunan Ampel
                3. Raden Paku atau Sunan Giri
                4. Raden Qosim atau Sunan Drajad
                5. Raden Said atau Sunan Kalijaga
                6. Raden Makdum Ibrahim atau Sunan Bonang
                7. Raden Umar Said atau Sunan Muria
                8. Raden Sodiq atau Sunan Kudus
                9. Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.
Departemen P dan K Gresik mala tidak mencantumkan Syekh Maulana Malik Ibrahim sebagai anggota Walisongo. Ini bukan berarti Sunan Gresik bukan anggota Walisongo, Melainkan data tersebut diambil sesuai dengan periode tertentu dimana Syekh Maulana Malik Ibrahim sudah meninggal dunia,sehingga Wali tertua atau sesepuh Walisongo pada waktu itu adalah Sunan Ampel. Dan Raden Patah atau Sunan Kota Raja Demak Bintoro itu masuk dalam anggota Walisongo.

0 Response to "Pengertian Walisongo Dan Penjelsannya"

Posting Komentar

Temukan kami difacebook